Pisen Perak ( Loptura nycthemera )

Posted by uminati fatul chusnah on Saturday, July 16, 2011

Klasifikasi :
Filum : Chordata
Classis : Aves
Ordo : Galliformes
Familia : Phasianidae
Genus : Loptura
Spesies : Loptura nycthemera

Burung ini kelompok sosial, tetapi menyendiri pada musim kawin, membuat sarang yang sederhana di tanah yang dibatasi dengan rumput. Burung ini mempunyai tungkai yang panjang dan kuat, sehingga mampu berlari jauh dan cepat. Burung ini lebih suka berlari untuk menyelamatkan diri daripada terbang. Burung Pisen mencari makan di atas permukaan tanah dengan mengkais-kais tanah. Di alam mereka memakan sayur-sayuran, invertebrata, dan buah-buahan. Habitat hidup berkelompok di hutan, tanah rerumputan, gurun pasir, tanah pertanian. Tersebar di Cina, Asia, Birma, Indochina, dan Thailand.

Burung ini memiliki panjang 20-50 cm. Bulu pada pisen jantan bagian atas bervariasi dari garis putih dengan hitam bergaris putih. Pada burung betinanya memiliki bulu berwarna coklat berbintik putih. Hidupnya berkelompok tetapi menyendiri pada musim kawin. Pisen betina bertelur 2-20 butir, warna telurnya adalah putih kegelap-gelapan. Masa mengeram 16-20 hari. Termasuk jenis burung yang memiliki keindahan bulu yang sangat luar biasa, pada jantan tampak pada bagian kepala seperti memakai helm perang samurai jepang pada jaman dulu sehingga memperlihatkan keanggungan dan juga keindahannya.

Sistem pencernaan meliputi tembolok (crop), lambung kelenjar, dan lambung muskular (gizzard, empedal), 2 buah secum, usus besar dan kloaka. Sistem sirkuler yaitu dengan jantung terdiri dari 2 aurikel dan 2 ventrikel. Respirasi dengan paru-paru yang berhubungan dengan sejumlah kantung-kantung udara. Kantung udara berfungsi untuk membantu burung bernafas saat terbang serta melindungi bagian jantung. Sistem ekskresi dengan ginjal bertipe mesonefros. Fertilisasi internal dengan dioceus yaitu alat kelamin jantan dan betina terpisah. Bersifat ovipar yaitu dengan cara bertelur.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Chusnah Visitor

free counters

Yang Udah Berkunjung