TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN, PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN DAN CIRI-CIRI PENILAIAN

Posted by uminati fatul chusnah on Saturday, March 17, 2012

Evaluasi adalah proses pengukuran dan penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai seseorang. Pembelajaran adalaj suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku dalam kondisi-kondisi khusus ataumenghasilan respon terhadap situasi tertentu.
Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan. Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
Untuk memperoleh informasi yang tepat dalam kegiatan evaluasi dilakukan melalui kegiatan pengukuran. Pengukuran merupakan suatu proses pemberian skor atau angka-angka terhadap suatu keadaan atau gejala berdasarkan atura-aturan tertentu. Dengan demikian terdapat kaitan yang erat antara pengukuran (measurment) dan evaluasi (evaluation) kegiatan pengukuran merupakan dasar dalam kegiatan evaluasi Proses pembelajaran yang baik dapat dilakukan oleh siswa baik didalam maupun diluar kelas, dan dengan karakteristik yang dimiliki oleh siswa diharapkan mereka mampu berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman- temannya secara baik dan bijak.
Evaluasi pembelajaran memilki berbagai tujuan diantaranya adalah untuk :
1. Menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa. Berfungsi sebagai :
a. Laporan kepada orang tua / wali siswa.
b. Penentuan kenaikan kelas.
c. Penentuan kelulusan siswa.
2. Penempatan siswa ke dalam situasi belajar mengajar yang tepat dan serasi dengan tingkat kemampuan, minat dan berbagai karakteristik yang dimiliki.
3. Mengenal latar belakang siswa (psikologis, fisik dan lingkungan) yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa, yakni berfungsi sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
4. Sebagai umpan balik bagi guru, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remdial bagi siswa.

Evaluasi mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Kurikuler (alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran)
2. Instruksional (alat ukur ketercapaian tujuan proses belajar mengajar)
3. Diagnostik (mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian berbagai kesulitan belajar siswa)
4. Placement (penempatan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, serta kemampuannya)
5. Administratif BP (pendataan berbagai permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya).

A. PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN
Prinsip penilaian antara lain sebagai berikut :
1. Prinsip keseluruhan (integritas); prinsip ini menghendaki bahwa suatu penilaian harus mempertimbangkan seluruh aspek yang berhubungan dengan pribadi siswa atau objek yang akan dinilai.
2. Prinsip berkesinambungan kontinuitas; menurut prinsip ini penilaian merupakan proses yang terus menerus.
3. Prinsip kesesuaian (objektivitas); penilaian yang baik harus didasarkan atas kenyataan yang sebenarnya dan sesuai dengan kenyataan yang terdapat pada siswa.

B. CIRI-CIRI PENILAIAN
Ciri – ciri penilaian antara lain sebagai berikut :
1. Penilaian dilakukan secara tidak langsung
Penilaian pendidikan itu dilakukan dengan mengukur indikatornya, misalnya mengukur kepandaian dengan mengukur dalam mengerjakan soal-soal ujian. Penilaian tidak dapat langsung seperti mengukur pajang meja dengan alat pengukur panjang/meteran
2. Bersifat relatif
Penilaian tidak selalu tetap dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena ada perubahan dan perkembangan
3. Bersifat kuantitatif
Penilaian dilakukan dengan simbol-simbol bilangan sebagai hasil pertama pengukuran, kemudian diinterpretasikan ke bentuk kualitatif.

Sumber :
http://weblog-pendidikan.blogspot.com/2009/09/fungsi-dan-tujuan-evaluasi-pembelajaran.html
http://lpp.uns.ac.id/wp-content/media/PANDUAN-EVALUASI-PEMBELAJARAN.pdf
http://iskandarputarulalam.blogdetik.com/index.php/archives/19
http://www.unjabisnis.net/evaluasi-pembelajaran-pendidikan.html
http://www.masbied.com/2011/02/01/pengukuran-dalam-penelitian/
http://blog.tp.ac.id/ciri-ciri-penilaian

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Chusnah Visitor

free counters

Yang Udah Berkunjung