Aceros undulatus

Posted by uminati fatul chusnah on Saturday, July 16, 2011

Klasifikasi
Kingdom : Animallia
Sub.Fillum : Avertebrata
Class : Aves
Ordo : Cicconiformes
Famillia : Ciconiidae
Genus : Leptoptilos
Spesies : Acaros undulatus

Deskripsi: Burung ini mempunyai tubuh yang sangat besar, panjangnya mencapai 110 cm, dengan tungkai panjang, dan paruh panjang. Kakinya mempunyai selaput untuk mengarungi air dangkal. Bulu pada umumnya berwarna hitam dan putih. Sayap, punggung dan ekor berwarna hitam, tubuh bagian bawah dan kalung leher berwarna putih, kepala botak, leher dan tenggorokan berwarna merah jambu dengan bulu kapas putih halus pada mahkota. Leher dan muka berwarna kuning kaki berwarna coklat kehijauan sampai berwarna hitam. Bangau ini termasuk burung pendiam, tidak banyak bersuara, selain desisan di sarang, kepakan sayap dan paruh.

Reproduksi Burung bangau tong – tong membuat sarang di pohon yang tinggi, di tepi pantai, tambak. Sarang tersusun dari ranting – ranting berisi 3 -5 butir telur. Telur berwarna putih sebesar telur itik. Telur dierami oleh induk jantan dan betina bergantian selama 34 hari.

Habitat Burung bangau tong –tong, membentuk kelompok dengau bangau lain atau dengan elang bersarang di daerah hutan. Burung bangau tong – tong suka mengunjungi sawah, padang rumput terbuka yang terbakar atau kebanjiran, gosong lumpur dan mangrove. Tersebar di India, Cina selatan, Asia Tenggara dan Sunda Besar.

Sistem pencernaan meliputi tembolok (crop), lambung kelenjar, dan lambung muskular (gizzard, empedal), 2 buah secum, usus besar dan kloaka. Sistem sirkuler yaitu dengan jantung terdiri dari 2 aurikel dan 2 ventrikel. Respirasi dengan paru-paru yang berhubungan dengan sejumlah kantung-kantung udara. Kantung udara berfungsi untuk membantu burung bernafas saat terbang serta melindungi bagian jantung. Sistem ekskresi dengan ginjal bertipe mesonefros. Fertilisasi internal dengan dioceus yaitu alat kelamin jantan dan betina terpisah. Bersifat ovipar yaitu dengan cara bertelur.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Chusnah Visitor

free counters

Yang Udah Berkunjung